Rumba, Ransomware Terbaru Yang Menempel Pada Aplikasi Bajakan


Apa Itu Ransomware ? 

Perlu diketahui, ransomware adalah salah satu jenis virus komputer yang paling berbahaya saat ini.

Virus tersebut dapat mengenkripsi semua data pengguna pada komputer yang terinfeksi, sehingga membuat file tersebut tidak bisa diakses kembali.

Kemudian, virus tersebut akan menampilkan mengenai ancaman serta kontak yang dapat dihubungi.

Seringkali tulisan tersebut ditampilkan dengan gaya yang “menakutkan” atau “terlalu teknis”, sehingga membuat pengguna merasa panik dan rentan untuk ditipu.

Untuk mendapatkan kembali data tersebut, maka pengguna yang terdampak harus membayar sejumlah uang kepada kontak atau rekening yang diberikan oleh virus tersebut.

Apabila pengguna yang terdampak membayar sejumlah uang tersebut, kemungkinan besar data yang sudah dienkripsi masih tetap tidak bisa diakses, atau sudah ditipu oleh sang pembuat virus.

Rumba
Dikutip dari Bleeping Computer, 2Spyware, dan Detikcom, ransomware dengan nama Rumba diketahui telah menyebar di internet selama beberapa hari ini. Virus ini dikatakan menyebar melalui file crack yang terdapat pada aplikasi bajakan.

Rumba ? 

Rumba merupakan salah satu varian terbaru dari STOP ransomware, yaitu virus yang menggunakan teknologi enkripsi AES untuk mengunci sistem dan data yang ada pada komputer.


Pelaku sempat menawarkan jasa pengembalian data atau dekripsi, namun file nya terbatas.

Jika pengguna membayar ke pelaku, kemungkinan besar uang tersebut akan dibawa kabur, sehingga pengguna tetap tidak mendapatkan akses ke data yang sudah dienkripsi virus tersebut.

Diketahui juga bahwa Rumba menggunakan enkripsi sambil melakukan koneksi ke grovyroet.online untuk mendapatkan kunci utama.

Jika tidak dapat terkoneksi, maka Rumba akan melakukan enkripsi dengan kunci yang sudah ada.

Rumba juga memiliki kemampuan untuk melakukan deaktivasi antivirus, khususnya Windows Defender yang menjadi antivirus bawaan di Windows 10.

Hal ini dilakukan dengan cara mematikan fitur realtime monitoring, sehingga virus tersebut tidak akan terdeteksi saat sedang aktif di komputer.

Post a Comment

0 Comments